Sekjen Hasto: Semangat Nyepi Jaga Keseimbangan Alam dan Kehidupan

JAKARTA – PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi tahun Caka 1944 kepada seluruh umat Hindu, dan masyarakat Indonesia yang menghikmati Nyepi.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan semangat Nyepi menjaga keseimbangan alam dan kehidupan.

“Nyepi dengan seluruh suasana kebatinan untuk melakukan tapa-brata merupakan landasan perilaku membangun karakter bangsa yang sangat penting, yang penuh dengan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan keadilan dengan memperhatikan keseimbangan alam raya,” ujar Hasto Kristiyanto, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (3/3/2022).

Menurut Hasto, konsepsi kebahagiaan dalam khasanah spiritualitas bangsa, menempatkan proses refleksi, otokritik, melihat ke dalam.

Dengan demikian, lanjutnya, dapat menjalankan tanggung jawab keluar, tanggung jawab sosial, dan juga tanggung jawab bagi bangsa dan negara Indonesia. Termasuk di dalam menjaga keseimbangan kehidupan yang dilakukan dengan ‘mengistirahatkan’ bumi.

“Nyepi dengan demikian semakin membuktikan bahwa Nusantara, Indonesia, merupakan negeri spiritual. Di sinilah spiritualitas Nusantara menjadi daya dorong proses akulturasi kebudayaan, dimana peradaban lahir sebagai dialektika peradaban Nusantara, agama, dunia dan kesemuanya tidak terlepas dari kondisi geografis Indonesia,” paparnya.

“Selamat hari raya Nyepi, dengan tapa brata dan ‘mengistirahatkan’ bumi, bangsa Indonesia terus mencari inspirasi bagi kemajuan pertiwi,” ucap Hasto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *